Cara Merawat Bearing Dengan Pelumas Bearing Terbaik Dan Berkualitas Tinggi

Cara Memilih Bearing Berkualitas Baik

Penggunaan pelumas bearing terbaik menjadi cara tepat untuk menjaga ketahanan bearing. Namun selain hal tersebut bearing juga membutuhkan cara perawatan yang tepat. Pasalnya jika bearing tidak dirawat, maka kehadirannya pun akan menimbulkan beberapa masalah. 

Permasalahan yang ditimbulkan bearing 

Apabila bearing mesin tidak dirawat dengan baik dan tepat. Bukan tidak mungkin, ia pun akan menghadirkan beberapa permasalahan yang cukup mengganggu. Seperti halnya permasalahan berikut ini : 

  • Keseimbangan laju kendaraan yang berubah menjadi kacau. Sehingga dapat menyebabkan kecelakaan. 
  • Rusaknya bagian dari komponen rem cakram. Hal ini umumnya disebabkan oleh putaran roda yang tidak stabil. 
  • Munculnya getaran berlebih yang juga diteruskan pada semua bagian body kendaraan. Sehingga setiap bagian kendaraan pun beresiko mengalami kerusakan. 

Cara merawat bearing agar tahan lama

Untuk menghindari beberapa permasalahan di bagian atas tadi. Pastikan Anda melakukan perawatan dengan cara melumasi bearing dengan tepat. Berikut beberapa langkahnya : 

  • Ketika memasang bearing baru, pastikan untuk tidak mengelap grease yang menempel pada bearing. Hal ini berkaitan dengan grease tersebut yang memang telah diformulasikan untuk digunakan pada bearing. 
  • Pastikan untuk tidak menggunakan grease secara berlebih. Karena selain menjadikan munculnya tumpukan grease. Hal tersebut juga dapat memicu munculnya kotoran atau kontaminan ke dalam bearing dengan mudah. 
  • Hindari membuka kedua bagian penutup bearing secara bersamaan. Pastikan untuk membuka salah satu bagian saja, utamanya jika Anda hendak memasukan grease ke dalamnya. 
  • Kemudian pasangkan tutup bearing yang telah terbuka ke bagian dalam. Sedangkan untuk bagian yang asing dibuat menghadap ke bagian luar. Hal tersebut dilakukan agar ketika terjadi hujan, maka kandungan air hujan yang mengandung asam tidak akan masuk ke bagian dalam bearing. 
  • Hindari jalan bergelombang ketika menggunakan kendaraan. Karena penggunaan kendaraan pada jalan yang bergelombang dapat memperpendek usia bearing. 
  • Apabila terjadi kerusakan pada salah satu sisi bearing, tetap ganti kedua bagian secara bersamaan. Pasalnya penggantian bearing yang hanya dilakukan pada salah satu sisi saja, justru dapat merusak sisi bearing lainnya dengan lebih mudah. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beberapa cara perawatan bearing dengan menggunakan pelumas bearing terbaik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *