Deskripsi dan 5 Fungsi Seal Industri

ilustrasi seal skf

Dalam dunia industri alat berat dan ringan Anda akan menemukan sejumlah komponen yang dihubungkan oleh segel atau seal. Seal tersebut tidak hanya berguna sebagai karet penjepit agar komponen bisa bergerak dan atau melekat secara kuat namun juga dipakai untuk menahan fluida seperti gas dan minyak. Bentuk seal umumnya cincin atau ring dengan bahan pembuat seal skf dari karet atau plastik dengan daya tahan unggulan.

Deskripsi seal atau segel

Seal dibentuk sesuai dengan kebutuhan komponen yang akan dikaitkan, tersedia seal dengan ukuran diameter 5 cm hingga 10 cm, ketebalan mulai 3 mm hingga 10 mm. 

Seal sendiri dipasang dengan pola yang berbeda, ada seal yang berlekuk ke dalam dan ke luar, ada juga yang memiliki rongga dalam, dan berlubang. Masing-masing bentuk seal tersebut digunakan untuk menyesuaikan sambungan dua komponen dengan media aliran gas cepat atau minyak cepat. 

Penggunaan tipe seal yang keliru akan memunculkan kebocoran walaupun fungsi seal tersebut mengantisipasi adanya kebocoran. 

Fungsi seal atau segel                

  1. Mencegah timbulnya kebocoran pelumas
  2. Menghalangi kotoran atau material pengganggu yang akan masuk ke sistem.
  3. Memberikan batas fluida agar tidak mudah tercampur.
  4. Terbuat dari bahan fleksibel dengan komponen sambungan baik statis maupun dinamis 
  5. Memberikan lapisan ganda pada dua sambungan komponen dari yang tidak rata menjadi rata 
  6. Menjaga sambungan komponen tidak cepat berkarat dan rusak.

Apa saja aplikasi dari pemakaian seal atau segel?

Ada banyak penggunaan seal skf atau segel, mulai dari alat ringan seperti sambungan mesin kendaraan roda dua dan 4, untuk alat berat seperti alat pengangkut pasir, semen, alat pembuat kendaraan, alat pengalir gas atau minyak. Pemasangan seal tidak boleh sembarangan, seal jenis o-ring misalnya umumnya digunakan untuk bagian otomotif namun juga bisa digunakan untuk keperluan alat industri. 

Bahan pembuat seal skf berkualitas unggulan dari lateks 80% sisanya campuran karet yang tahan dengan suhu panas berlebih. Mengingat seal nantinya bergesekan dengan sambungan komponen maka bahan dasarnya tidak boleh terlalu banyak campuran sintetis karet karena menurunkan fungsi anti bocor. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.