Melihat Keunggulan Deposito Yang Dijadikan Sebagai Jaminan Kredit

Ilustrasi kredit deposito

Kredit deposito dapat dilakukan saat ingin mengajukan pinjaman pada bank ataupun lembaga lain. Mungkin masih ada yang belum tahu jika deposito dapat dijadikan jaminan dalam pengajuan kredit. Hampir sebagian besar masyarakat lebih memilih memberikan jaminan aset saat mengajukan pinjaman. Dan Anda bisa menggunakan jaminan aset bergerak maupun aset tidak bergerak.

Ketentuan dari bank atau lembaga penyedia kredit memang berbeda-beda. Namun pada umumnya harus ada hal yang dijadikan jaminan. Biasanya orang akan memberikan menjadikan aset sebagai jaminannya. Hanya saja ada sebagian orang yang tidak mempunyai aset baik aset bergerak atau tidak bergerak untuk dijadikan jaminan. Apakah dengan begitu tetap bisa mengajukan pinjaman?

Pengajuan pinjaman masih bisa berjalan meski tidak memiliki aset yang dijaminkan. Ada juga orang yang enggan menjaminkan aset karena sangat beresiko. Ada alternatif lain yang bisa dilakukan dalam pengajuan kredit yaitu dengan menggunakan deposito.Sayangnya, tidak semua bank menyediakan layanan kredit deposito. Jadi sebelum mengajukan kredit, lebih baik Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai jaminan yang dijadikan syarat setiap bank.

  1. Menggunakan Deposito Sebagai Jaminan Dengan Resiko Kecil 

Dengan adanya kendala jaminan maka pihak bank memberikan solusi dengan menggunakan deposito. Anda yang berencana mengajukan kredit haruslah dengan menggunakan deposito haruslah bank yang sama. Terdapat beberapa bank nasional yang telah menyediakan pilihan penggunaan deposito tersebut. 

Deposito menjadi alternatif pilihan yang bisa dikatakan lebih aman daripada aset. Saat nasabah mengalami kesulitan dalam membayar maka pihak bank akan mengambil alih atau melelang aset yang dijadikan jaminan kredit. Tentu memilih aset lebih beresiko besar, bukan? Deposito sebenarnya berfungsi sebagai dana investasi jangka panjang. Dengan menjadikan deposito sebagai jaminan, nasabah tidak akan mengambil resiko besar seperti mengajukan aset.

  1. Suku Bunga Pinjaman Rendah

Selain masalah jaminan, ada hal lain yang juga menjadi pertimbangan saat hendak mengajukan pinjaman. Suku bunga terbilang bisa lebih rendah dengan adanya syarat pengajuan jaminan. Bunga pinjaman mempengaruhi besaran utang nantinya. Jadi sudah tentu nasabah mencari alternatif mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah.

  1. Prosesnya Cepat 

Menggunakan deposito sebagai jaminan kredit di bank yang sama tidak perlu proses panjang. Karena pihak bank akan melakukan verifikasi data yang sebelumnya telah dimiliki oleh pihak bank. Proses verifikasi data hanya berlangsung beberapa hari saja. Berbeda dengan aset yang perlu proses lama karena pihak bank harus mengetahui dengan jelas nilai dari aset yang dijadikan jaminan tersebut. Jika proses lama maka pencairan dana juga sudah pasti lama.

Pengajuan aset menjadi hal yang kurang solutif terlebih bagi Anda yang membutuhkan dana dalam waktu dekat. Yang terpenting dari pengajuan pinjaman menggunakan kredit deposito adalah pelunasan tepat waktu agar deposito tetap terjaga.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *