Pemeriksaan Tuba Falopi dan Kenali Lebih Dalam Tentang Tuba Falopi

ilustrasi pemeriksaan

Tuba Falopi ini merupakan bagian dari saluran reproduksi pada wanita yang mana tentunya paling sering Anda dengar pada saat berencana hamil ataupun ingin menjalani promil. Selain itu, sebagian wanita juga memiliki penyakit ataupun kondisi tertentu sehingga menyebabkan tuba falopi mengalami penyumbatan. Untuk itu, agar lebih jelas tentang pemeriksaan tuba falopi dan info lainnya, bisa simak ulasan berikut.

Apa itu Tuba Falopi?

Tuba falopi merupakan saluran yang memiliki panjang sekitar 10 hingga 13 cm serta memiliki diameter sekitar 1 cm, yang mana nantinya menghubungkan antara ovarium dengan Rahim. Tuba Falopi ini juga berfungsi sebagai salah satu tempat berjalannya sel-sel telur dengan sperma pada saat proses pembuahan. Apabila tuba falopi ini tersumbat maka nantinya sel telur yang menuju ke rahim akan terhambat. Oleh karena itu, kondisi yang seperti ini juga berisiko menyebabkan akan terjadinya kehamilan di luar kandungan.

Bagaimana Cara Melakukan Pemeriksaan Tuba Falopi?

Setelah Anda melihat sekilas tentang tuba falopi maka Anda juga harus mengetahui hal lainnya yaitu mengenai penyumbatan ataupun kerusakan yang terjadi pada tuba falopi ini dan cara melakukan pemeriksaan tuba falopi dengan tepat. Jadi, ada beberapa hal mengapa tuba falopi tersebut mengalami penyumbatan ataupun kerusakan, hal ini tentu disebabkan oleh beberapa kondisi seperti :

  • Penyakit radang panggul
  • Penyakit menular seksual
  • Endometriosis
  • Keguguran
  • Usus buntu pecah
  • Kehamilan ektopik
  • Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim
  • Pernah menjalani operasi yang ada pada organ dalam rongga perut ataupun panggul

Oleh karena itu, penyumbatan ataupun kerusakan memang dapat disebabkan oleh banyak kondisi tertentu dan penyakit maka tuba falopi yang nantinya tersumbat memang perlu untuk diperiksakan ke dokter. Nah, untuk cara pemeriksaan tuba falopi ini maka dokter akan melakukan cek USG, pemeriksaan endoskopi yang ada pada tuba falopi dan juga histerosalpingografi atau HSG.

Jadi, itulah ada beberapa cara dalam melakukan pemeriksaan tuba falopi jika mengalami tersumbat. Jika nantinya gangguan pada tuba falopi tersebut semakin parah maka dokter akan menanganinya dengan cara operasi. Semoga bermanfaat!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.