Sebelum Membeli Genteng Galvalum, Pertimbangkan Lagi Hal-Hal Berikut Ini

Ilustrasi genteng atap bangunan

Membangun tempat tinggal sudah sewajarnya mengutamakan aspek kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga. Maka tidak mengherankan jika banyak orang rela menggelontorkan dana besar-besaran untuk membangun hunian ideal. Untuk membangun rumah yang nyaman, ada beberapa bagian yang harus dipertimbangkan dengan matang. Salah satunya adalah pemilihan material atap genteng galvalum.

Indonesia merupakan wilayah tropis yang memiliki cuaca tak menentu. Fakta ini dapat dijadikan tolak ukur dalam memilih material atap rumah yang pas. Alih-alih mengikuti tren, akan lebih bijak bila Anda mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari jenis-jenis atap. Bila Anda berencana menggunakan genteng galvalum, beberapa hal berikut ini bisa dijadikan pertimbangan sebelum membelinya. 

Kekurangan Genteng Galvalum untuk Atap Hunian

Atap galvalum terkenal awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan atap jenis lainnya. Lapisan pada atap galvalum juga membuatnya tidak mudah berkarat. Namun, bukan berarti atap galvalum tidak memiliki kekurangan. 

  • Mudah panas

Dibalik kelebihannya, atap galvalum lebih mudah menyerap panas. Jika ruangan di rumah Anda tidak dilengkapi material peredam panas, maka suhu ruangan akan menjadi lebih mudah panas. Bila Anda masih ingin menggunakan atap galvalum, maka perhatikan instalasi udara di rumah Anda supaya anggota keluarga tetap merasa nyaman. 

  • Berisik

Tak hanya mudah panas, genteng galvalum juga menimbulkan suara bising saat musim penghujan. Rintik hujan yang mengenai atap akan terdengar lebih keras dibandingkan ketika Anda menggunakan atap dari tanah liat. Bagi sebagian orang, hal ini akan terasa lebih mengganggu. 

  • Warna atap bisa pudar

Atap galvalum terdiri dari berbagai varian warna yang menarik. Namun, warna-warna tersebut lebih mudah pudar dibanding atap jenis lainnya. Hal ini dikarenakan warna atap bukanlah warna alaminya. Warna atap yang pudar akan membuat tampilan rumah Anda kurang menarik. Untuk mempertahankan warnanya, Anda perlu melakukan pengecatan ulang.

  • Mudah rusak jika tidak dipasang dengan benar

Cara pemasangan atap galvalum memang cenderung lebih mudah. Akan tetapi, jika tidak dipasang oleh tenaga ahli, genteng galvalum justru mudah rusak. Alhasil, Anda harus mengeluarkan anggaran lebih untuk membeli atap yang baru. 

  • Tampilannya kurang menarik jika struktur atap terekspos

Untuk mendapatkan tampilan eksterior yang memukau, perhatikan struktur atap bangunan jika Anda menggunakan genteng galvalum. Usahakan supaya struktur atap tidak terekspos sedikit pun. Jika strukturnya sampai terekspos, tampilan eksterior rumah akan terlihat kurang menarik.

Itulah lima kekurangan dari atap galvalum. Sudah sepatutnya Anda melakukan pertimbangan dengan matang sebelum membeli genteng galvalum. Tujuannya supaya seluruh anggota keluarga tetap merasa nyaman ketika tinggal di dalam rumah. Selain itu, pastikan bahwa Anda menggunakan tenaga profesional dalam memasang genteng galvalum.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *